Oleh: demoffy | September 28, 2008

Penemuan 4 Galaksi Bintang Tetap yang Memiliki Planet

(Erabaru.or.id) – Di tata surya kita, semua planet berputar meng elilingi matahari. Namun teleskop angkasa “Spitzer” NASA mendapati, bahwa di rasi Hydra ditemukan sebuah galaksi yang secara relatif lebih muda, memiliki 4 bintang tetap.

Laporan pengamatan terbaru yang dipublikasikan NASA Juli Lalu mengatakan, galaksi “4 bintang tetap” yang unik ini bernomor seri HD98800, jaraknya dari bumi kurang lebih 150 tahun cahaya. Dibandingkan tata surya, ia relatif lebih muda, dan sudah eksis sekitar 10 juta tahun. Pengamatan terbaru ini membenarkan hasil yang didapat oleh astronom sebelumnya dari permukaan bumi.

Ke-4 bintang tetap ini dibagi 2 pasang. Setiap pasang masing-masing beredar dengan cara saling berputar mengitari, dan antar kedua bintang tetap juga saling berputar mengelilingi, bagaikan tarian bundar yang ditata dengan apik. Di sekitar sepasang bintang tetap di antaranya, berputar mengelilingi piring debu, sedang sepasang lainnya tampak kosong melompong.

Astronom umumnya berpendapat, bahwa materi pada piring debu di sekitar bintang tetap akan membentuk planet melalui benturan, karena itu, piring debu juga disebut “persemaian” planet. Instrumen pengamat infrared-nya teleskop “Spitzer” mendapati, bahwa piring debu lainnya yang rata dan berkesinambungan yang berhasil diamati di masa lalu tidak sama, piring debu ini nyata sekali mengandung celah.

Tim peneliti yang dipimpin ilmuwan Fuerland dari NASA, AS, mengatakan hal itu mungkin disebabkan efek gravitasi yang rumit dan keistimewaan antar galaksi “4 bintang tetap”. Sedang ilmuwan lainnya menduga, bahwa mungkin itu adalah tanda-tanda pembentukan planet, ilmuwan mengumpamakan, planet yang di kandungi seperti “mesin pengisap debu” di alam semesta, mengisap debu di sekelilingnya, sehingga dengan demikian meninggalkan celah pada piring debu di sekeliling planet.

Fuerland menjelaskan, bahwa satu fenomena me narik multi bintang tetap, evolusi piring debu dan pembentukan planet lebih rumit dibanding galaksi bintang tetap tunggal.• (Sumber : Tom.com)

Sumber dari:

www.dark-angel.co.cc-a.googlepages.com/astronomy


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: